mengatasi bootloop pada android

Mengatasi Bootloop Pada Android Berdasarkan Jenis Bootloop
Mengatasi bootloop pada android tidaklah sembarang. Berbeda penyebab bootloop, maka berbeda pula cara mengatasinya. Namun sayangnya, pengguna android sendiri terkadang tidak memahami apa itu bootloop, apalagi cara mengatasinya. Atau mungkin sudah mengetahui tentang bootloop namun tidak mengetahui pengelompokkannya. Hingga akhirnya memperbaiki sendiri begitu saja, dan malah semakin memperparah kerusakan.
Sebelum mengatasi bootloop pada android, ketahui terlebih dahulu tentang bootloop. Pengertian bootloop adalah masalah pada sistem android yang membuatnya tidak mampu melakukan startup. Hingga tidak bisa masuk ke menu home, sebaliknya malah kembali ke tampilan awal seperti ketika awal menghidupkan android. Keadaan tersebut terjadi berulang-ulang hingga android tidak bisa digunakan lagi.
Ketika hal tersebut terjadi, maka pengguna harus tetap tenang. Kasus bootloop di setiap android kemungkinan berbeda-beda satu sama lain. Maka penting juga untuk tahu apa penyebab android mengalami bootloop untuk dapat mengatasi bootloop pada android anda. Terkadang, para pengguna android langsung merasa panik dan terburu-buru bertindak ketika androidnya bermasalah.
Hal itulah yang membuat, penggunanya langsung mencari cara mengatasi bootloop pada android tanpa pertimbangan penyebab dan jenis androidnya. Belum tentu cara yang dilakukan sesuai dengan jenis android, yang kemudian malah memperparah kerusakan. Sebab, ada macam-macam bootloop pada android yang harus diketahui para pengguna android. 

Macam-macam bootloop dan cara memperbaikinya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, android light bootloop, yang paling mudah diatasi. Kondisinya, dalam pemakaian normal, pengguna menginstall aplikasi atau game, namun android restart sendiri dan ketika dinyalakan hanya stuck di logo. Atasi kondisi tersebut dengan mencabut baterai lalu hidupkan kembali. 
  • Kedua, android medium bootloop, kerusakan tingkat menengah. Kondisinya, pengguna berusaha mengotak-atik android. Atasi dengan cara merestore boot image.
Mengatasi bootloop pada android adalah untuk jenis android hard bootloop, kerusakan tingkat paling berbahaya. Kondisi ini terjadi karena pengguna melakukan rooting dan memodifikasi script seperti mengubah font, microSD, menghapus aplikasi bawaan dan lain-lain. Atasi kondisi ini dengan flashing. Untuk ini membutuhkan software dan chipset tertentu, tergantung pada android apa yang digunakan. Baiknya, anda menggunakan jasa profesional untuk meminimalisir kesalahan.
Secara umum, ada dua cara yang standar digunakan untuk mengatasi bootloop yakni restore, namun sebelumnya anda harus melakukan backup terlebih dahulu. Kedua cara flashing, yakni flash firmware stockrom yang dapat anda pelajari lebih lanjut. Anda dapat memilih sesuai keadaan android, namun jika anda tidak yakin, sebaiknya konsultasikan pada yang profesional untuk mengatasi bootloop pada android anda.  
mungkin dengan tips merawat android yang sudah saya uraikan pada edisi sebelumnya dapat membantu anda mencegah terjadinya bootloop.

0 Response to "mengatasi bootloop pada android"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel